Inilah penyebab nyata hardisk akan rusak

Inilah penyebab nyata hardiskakan rusak- Hardisk pada komputer/ laptop merupakan perangkat komputer yang bertugas sebagai media penyimpanan data. Boleh didefinisikan harddisk merupakan perangkat yang sayang penting dan sangat dibutuhkan di dalam Komputer/ laptop meskipun bukan merupakan perangkat yang paling penting sababat Asjayakomers karena semua perangkat utama dari CPU harus ada dan saling berhubungan serta saling menopang satu sama lainnya sehingga bisa digunakan dengan sesuai fungsinya.

Namun perlu anda ketahui bahwa komputer/ laptop tanpa hardisk mampu menyala/ hidup, namun anda harus memiliki tempat menyimpan data anda yaitu hardisk jadi bisa dikatakan hardisk ini adalah bukan perangkat utama namun hanya perangkat tambahan, namun perlu anda pahami jika harddisk yang anda gunakan selama ini mengalami kerusakan. Betapa menyesalnya anda, karena semua dokumen penting yang anda miliki tersimpan di harddisk laptop tersebut.




Sehingga perlu kita sadari bahwa semua perangkat komputer anda sangat penting untuk dijaga dan perlu mengetahui penyebab nyata kenapa hardisk anda akan rusak bisa dilihat berikut ini :



1. benturan
Hardisk merupakan komponen komputer yang pekah, benturan mampu memicu kerusakan pada harddisk. benturan yang dimaksud mampu berupa gesekan dengan benda lain, guncangan atau juga mungkin terjatuh. dengan demikian, anda harus lebih berhati-hati sesuatu yang dekat dengan harddisk, entah itu saat melakukan perbaikan komputer, membaguskan harddisk. Begitu juga saat membawa laptop dalam tas, karena mampu saja menyebabkan terjadi benturan yang tidak disadari.



2. over heat
Over heat atau panas berlebihan merupakan salah satu penyebab hardisk rusak.  sudah tidak mampu dipungkiri lagi, jikalau harddisk merupakan perangkat yang dengan singkat panas. Semakin lama pemakaian maka akan semakin panas pula hardisk tersebut. solusi paling sempurna ialah dengan menambahkan kipas pendingin khusus harddisk atau sebaiknya gunakan komputer/ laptop ditempat berpendingin udara AC.


3. penggunaan berlebihan
penggunaan yang berlebih juga mampu menjadi penyebab harddisk cepat rusak. bermain game, memutar film, mendengarkan musik, serta online dalam waktu yang lama akan menyebabkan bertambahnya perfoma yang diharapkan harddisk. jikalau hal ini terus dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, besar kemungkinan kinerja harddisk tersebut akan melemah dan rusak.


4. umur hardisk
Sudah tidak mampu dipungkiri lagi jikalau umur ialah penyebab harddisk rusak. bahkan bukan hanya harddisk saja, setiap komponen elektronika sempurna memiliki batas usia. oleh karena itu, sangat penting untuk perlakuan perawatan terhadap hardisk agar memiliki harapan yang lebih panjang dan awet.


5. sering kali penginstalasian
Seringkalinya install dan unistall pada komputer ataupun laptop juga mampu memicu kerusakan hardisk. Hal ini seringkali dialami bagi mereka yang baru mempelajari komputer. harapan mereka yang membuat mereka lebih seringkali melayangkan aneka macam kegiatan instalasi sahabat Asjayakomers. entah itu installasi sistem operasi maupun lainnya. Berakibat harddisk akan mengalami bad sector, dan akan sangat sulit untuk memperbaikinya.


6. terlalu sering melakukan defrag
Sering melakukan defrag  terlalu sering di windows juga menjadi pemicu kerusakan hardisk karena dimana jika dilakukan defrag hardisk akan memindahkan data-data ke blok yang kosong sehingga goresan piringan hardisk tidak bisa dihindarkan.


7. sumber arus listik tidak stabil
 Sumber arus listrik yang tidak stabil juga merupakan pemicu utama kerusakan hardisk anda maka disarankan gunakan stabiliser listrik untuk menjaga arus listrik normal. Namun untuk laptop dan netbook tergantung dari product adapatornya karena sudah manyoritas memiliki fasilitas stabiliser arus.


8. mematikan paksa dengan tombol power/ cabut baterai laptop
Mematikan paksa bukan hal yang tidak biasa dilakukan apalagi jika komputer/ laptop anda terjadi hang dan sebagainya maka stelah membaca artikel ini sebainya jangan lakukan lagi ya sahabat Asjayakomers.




Mungkin hanya itu yang menjadi faktor kerusakan utama dar hardisk maka sebaiknya jangan lakukan kegiatan diatas untuk menjaga agar hardisk anda awet dan tahan lama. Namun bisa saja hal lain terjadi yaitu operating sistem anda yang rusak dan terdapat data penting anda maka perlu anda membaca Teknik Mudah menyelamatkan data ketika windowshang, tidak masuk atau blue screen.

Sahabat Asjayakomers Silahkan share kepada siapa saja, mungkin saja kerabat dan sahabat anda lainnya membutuhkan artikel bermanfaat ini.



Google