Perawatan laptop / netbook rekomendasi produsen laptop agar awet diatas 5 tahun

Laptop pada dasarnya merupakan perkembangan dari teknologi komputer, laptop itu sendiri diartikan dengan komputer jinjing yang bisa dibawa kemana-mana bisa digunakan portabel dengan kelebihan yang sama dengan komputer PC (persona komputer), namun dari segi ukuran saja yang berbeda. 


Mengenai daya tahan antara laptop dan komputer PC sebenarnya tidak bisa kita bandingkan yang mana lebih tahan lama karena banyak juga laptop yang bisa bertahan tanpa kerusakan hingga diatas 5 tahun. Namun itu semua tergantung dari pemiliknya bagaimana menggunakannya dan merawatnya karena laptop memang barang elektronik yang dibuat sekecil mungkin meskipun isinya sama dengan komputer namun ukuran saja yang membedakannya.



Memang para pengguna laptop yang penggunaannya secara teledor saja yang kebanyakan mendapatkan masalah pada laptopnya, karena dalam manual book memang telah terdapat prosedur tatacara penggunaannya dan keselamatan penggunaan sehingga tidak merusak kesehatan kita dan merusak laptop itu sendiri. Berikut ini cara memelihara laptop agar awet diatas 5 tahun:

  1. Jangan gunakan di atas permukaan empuk, permukaan empuk contohnya diatas bantal, kasur, karpet dan lainnya, jika digunakan di atas permukaan empuk hal ini bisa membuat kipas pendingin prosessor dan lubang-lubang sirkulasi dibawah laptop akan tertutup sehingga membuat laptop menjadi cepat panas dan akan membuatnya panas yang berlebihan.  
  2. Jangan menggerak-gerakkan laptop saat beroperasi, memang komputer sangat mudah diangkat kesana dan kemari namun perlu diketahui bahwa dengan menggerakkannya bisa saja merusak peralatan didalam laptop khususnya hardisk yang berputar bisa saja membuat goresan di piringan logamnya yang mengakibatkan terjadinya backsektor hardisk.  
  3. Gunakan hanya maximum 2 jam, dengan ukurannya yang kecil laptop memang sangat membutuhkan istirahat karena alat-alat yang dimiliki memang berukuran kecil dan akan cepat panas sehingga perlu diistirahat, namun jika pekerjaan tidak memungkinkan untuk ditinggalkan gunakan fan cool (kipas pendingin bantuan) untuk membantu mendinginkan dan sirkulasi udara didalam laptop menjadi lancar.  
  4. Pembersihan komponen dalam laptop, dalam sekeliling kita terdapat banyak debu bahkan ada yang tidak bisa terlihat secara kasat mata namun ketika berkumpul banyak akan menjadi debu yang terlihat mata, laptop sendiri memiliki kipas yang menghisap udara segar sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa juga akan menghisap debu sekitar sehingga berkumpul didalam kipas tersebut hal ini. Disarankan untuk dibersihkan dengan cara membongkar laptop 6 bulan sekali untuk membersihkan komponen didalam laptop tersebut. Jika anda belum memiliki keahlian untuk membongkar laptop sendiri sebaiknya membawa ke pusat service laptop terdekat untuk pembersihannya.    
  5. Jangan mencopot baterai laptop, dengan membuka baterai laptop akan beresiko pada saat mati lampu dari PLN atau arus listrik tidak stabil yang mengakibatkan komponen mainboard rusak karena bekerja berat menstabilkan arus listrik yang bekerja pada laptop.
  6. Gunakan antivirus, antivirus sangat berguna menghindarkan komputer dari virus sehingga dapat kita hindarkan instalasi uang system karena jika terlalu sering melakukan diinstal akan merusak hardisk karena diformat. 

Untuk laptop yang awet agar bertahan diatas dari lima tahun memang harus jeli dan teliti dalam menggunakannya, apapun itu jika tidak dirawat akan memiliki waktu pakai yang relatif rendah. Perlu diketahui bahwa biaya pergantian komponen alat laptop tidak murah tidak ada harga dibawah 100 ribuan.


Tags: cara perawatan laptop, cara merawat netbook, cara merawat laptop/ netbook agar tahan lama, cara merawat laptop/ netbook agar tahan tidak rusak diatas 5 tahun, cara merawat laptop / netbook sendiri. 
         

Google