Bagaimana cara merawat printer canon

Bagaimana cara merawat printer canon- Printer saat ini bukan lagi barang yang aneh bahkan sudah merupakan barang yang biasa-biasa saja, bahkan setiap keluarga sudah memilikinya karena sudah merupakan barang kebutuhan khususnya pekerjaan bahkan ada yang sudah lebih dari satu kali membeli printer karena memang pada dasarnya dan pada kenyataannya printer itu adalah alat komputer yang paling cepat rusak bahkan ada yang rusak dalam kurun waktu dibawah satu tahun. coba bayangkan sahabat asjayakomers, apalagi ada keluhan bahwa bahkan ada yang beli printer belum cukup 1 semester (6 bulan) printernya sudah rusak, perlu anda ingat jika sudah rusak hubungi kami. wahh sunggu miris memang itu semua karena kesalahan sendiri dalam merawatnya. Anda semestinya tau bahwa apapun itu jika tidak dirawat akan menjadi luntur dan pastinya akan punah dan tidak bisa digunakan secara normal lagi, justru itu sehingga kami menulis artikel ini agar bisa meminimalisir kerusakan printer anda khususnya pada printer canon, tidak menutut kemungkinan dengan cara ini bisa juga digunakan sebagai teknik perawatan pada jenis printer yang lainnya.

Perlu kita ketahui bahwa printer terdiri dari beberapa komponen utama yang paling cepat rusak yaitu:


1. Kerusakan Catridge Printer

Catridge pastinya cepat rusak karena disinilah tempat tinta dan sekaligus yang menyemprotkan tinta kekertas, jadi khususnya printer merk canon catridge harga ternasuk mahal bahkan untuk membeli catridge menghampiri harga sebuah printer baru, jadi anda harus hati-hati dalam merawat komponen ini.


2. Kerusakan Power supplay printer

Power merupakan sumber dayanya, alat ini sangat penting karena merupakan penyuplai daya pada printer sebagaimana fuungsinya merubah dan mengkonverter daya dari daya 220 AC menjadi output DC, untuk outputnya berbeda dari setiap type printer canon disesuaikan dari fungsinya karena merk printer canon itu sendiri juga memiliki type multi fungsi (Scan, Copy dan Print). 

3. Kerusakan Mainboard printer

Mainboard pada printer tidaklah besar seperti komputer karena pada hakekatnya hanya mengatur bagaimana printer bisa mencetak sesuai fungsinya saja, namun fungsi utama mainboard sebenarnya ada pengontrol kerja baik itu motor penggeraknya dan juga mengatur keluarnya tinta pada catridge.

Hanya inilah 3 yang perlu anda jaga dan rawat pada printer anda agar bisa awet tahan lama, Namun tentu ada teknik dalam perawatannya baik cara menggunakannya dengan baik dan cara menyimpannya ketika tidak digunakan.

Berikut ini rincian cara memelihara printer canon agar awet tahan lama:

1. Catridge 

Untuk menjaga ketahanan catridge diperlukan cara yang extra hati-hati karena inilah alat printer yang sangat cepat rusak, maka untuk menjaganya inilah tips agar catrigde awet dan tidak cepat rusak.
  • Gunakan setiap hari, Ini merepotkan bukan yah, namun inilah cara ampuhnya, karena jika printer jarang digunakan maka printhead pada catridge akan membeku karena tinta yang tidak mengalir dan terkena cuaca alam sekitar
  • Masukkan tinta yang secukupnya, secukupnya artinya jangan sampai tumpah-tumpah atau sampai meluap hingga berbusa jika memasukkan tinta kedalam catridge karena akan menyebabkan udara akan masuk ke catridge dan memasuki printhead dan terjadilah penggumpalan tinta sehingga terjadi penyumbatan.


2. Power Supplay

Kerusakan power supplay terjadi karena mungkin pengaruh dari tegangan yang tidak stabil alias naik turun didaerah anda sebaiknya gunakan stavolt atau UPS (battery) sebagaimana fungsinya berbeda namun tujuannya bisa menjaga agar power supplay anda awet dan tahan lama. Tau gak kerusakan power supplay juga bisa disebabkan oleh kerusakan mainboard mungkin saja terjadi korsleting sehingga lari ke power supplay printer tersebut maka anda harus baca hingga tuntas yach.

3. Motherboard

Motherboard printer adalah jantung printer didalamnya juga telah diprogram oleh pembuatnya yaitu canon maka jika printer anda kerusakan motherboard printer tidak akan menyalakan lampu power karena disanalah ada program jika tombol power ditekan maka akan menyalakan lampu indikator powernya. Untuk menjaga motherboard agar tidak cepat rusak adalah sebaiknya printer anda dijaga kebersihannya dan sebaiknya jika tidak digunakan atau setelah selesai digunakan simpanlah dengan baik yaitu menutupnya atau bisa dengan membuatkan penutup khusus sehingga baik debu maupun hewan berbahaya (kecoak, cicak dll) tidak ada jalan masuk ke dalam printer anda. 


Sabahabat asjjayakomers inilah tips triknya agar printer canon anda tetap awet dan bisa digunakan jangan sampai anda harus membeli printer baru karena jika rusak spartpath alat khususnya pada printer memang terbilang mahal.


Namun untuk informasi jika printer anda terlanjur sudah rusak agar menghubungi kami sesegera mungkin.







Google